Vocaloid

Kamis, 06 Oktober 2011
Haha, jumpa lagi dengan saia (yang entah berapa lama mengabaikan ini blog). Kali ini sedikit cuap-cuap tentang Vocaloid.

Apakah itu Vocaloid?

Pengertian berdasarkan pandangan orang awam (pengertian saia maksudnya): Vocaloid adalah sebuah software yang memungkinkan kita untuk menyanyi atau menciptakan sebuah lagu dan nyanyian tanpa harus buka mulut dan menggerakan pita suara.

Ah, nggak jelas ya? Coba dilihat dulu definisinya di wikipedia.

Vocaloid ini sendiri punya banyak jenis, dan kayaknya yang paling terkenal sih Hatsune Miku. Itu itu, sang project diva yang jadi produk pertama vocaloid ini. Software yang merupakan buatan Yamaha Crypton ini luar biasa terkenal di negeri asalnya sana. Secara gitu(Oh my bahasa gaul), Vocaloid ini benar-benar inovasi terbaru dan terhebat sepanjang sejarah permusikan dunia! Bayangkan saja, ini ada software yang bisa nyanyi berbagai jenis nada. Dari nada rendah sampai yang beberapa oktaf di atasnya, gokil tenan! Bahkan bisa menyanyikan nada suara tinggi yang hanya sedikit manusia bisa mencapainya.

Dasar sinting. /salah!

Kemudian saia beralih pada original songs dari Vocaloid. Ya, saia di sini tidak akan membahasnya secara mendetail dan khusus, namun hanya memberi beberapa tanggapan berdasarkan pandangan saia, setelah mendengarkan beberapa lagu Vocaloid tentunya.

Dari beberapa (baca: banyak!) lagu yang saia dengar dari Vocaloid, beberapa dan bahkan banyak memang cukup bagus. Paling demen ama Romeo and Cinderella. Ah, itu inspirasi banget. (plak!)

Ehem, back to the topic.

Secara umum, kualitas lagunya sih pada bagus-bagus. Meski ada beberapa yang saia ampe nggak sanggup ngikutin nyanyi saking njlimetnya nada-nada lagunya. Satu kata: TOP lah! XD (itu dua!)

Bicara soal kelebihan, tentunya di mata saia lagu-lagu itu juga ada sedikit kelemahannya...

Seperti yang saia sebutkan di awal, hebatnya Vocaloid itu adalah karena bisa meyanyikan lagu dengan nada yang setinggi langit(?). tapi menurut saia itu juga jadi sedikit titik lemahnya. Karena di telinga saia, pas para Vocaloid nyanyi dengan nada suara yang tinggi rasanya terdengar agak... ehem, sumbang. (jangan hajar saia! DX) Entahlah, mungkin telinga saia yang salah pendengaran. Tapi rasanya agak ‘maksa’ gitu suaranya. Bandingkan dengan lagu-lagu Vocaloid yang dinyanyikan dengan rentang suara yang normal (nggak ngambil yang terlalu rendah atau terlalu tinggi). Ajegile, keren banget! Sumpah, saia sampai muja-muja(?) Vocaloid itu ya karena lagu-lagunya yang kayak gitu! XDD

Nah, poin di atas itu yang dulunya nggak bisa bikin saia langsung suka ama Vocaloid. Tapi no prob lah, kan teknologi bakal makin berkembang! XD (ganyambung!)

Afterall, ini software cukup must have! XD (meski saia ga punya haha)

Oh, dan satu lagi kelebihan Vocaloid. Karakternya itu lhooo~ pada manis semua! XDD (yang jatuh cintrong ama para charanya)

Dan sedikit informasi tambahan, diam-diam fanfom Vocaloid di ffn cukuplah terkenal di golongan misc. Dan perlu kalian tahu, fic-fic gore di sana pada dewa! XDD (plak!)

...Hoho, saia sebenarnya sering main ke sana. Meski nggak selalu meninggalkan review. (plak!)

Nah, sampai di sini dulu. Terakhir...

AYO BERPARTISIPASI DALAM IFA 2011!!! XDDD

(maaf ga nyambung ._.)

0 komentar:

Posting Komentar